Review: R.I.P

Judul: R.I.P. (Requiem In Phonybrian)
Manga-ka: Mitsukazu Mihara
Volume: 1 [tamat]
Penerbit: Tokyopop [US]
Tahun: 2006 [US]

Apa yang kiranya dilakukan seorang malaikat yang bosan? Transylvanian Rose punya jawabnya. Saat menjalankan tugasnya menyucikan arwah, Rose bertemu dengan sesosok arwah yang mati bunuh diri. Rose memberikan satu sayapnya, membangkitkan arwah itu dan menjadikannya binatang peliharaan sekaligus partner tugasnya. Sebaliknya, si arwah – yang dinamai “Undertaker” oleh Rose – justru sangat ingin mati. Sampai kapan Rose tahan bersama partner barunya ini, yang terjebak diantara hidup dan mati?

Meski ide ceritanya cukup bagus, pada dasarnya sih klise. Pasangan kekasih; si cewek sakit lalu meninggal, si cowok putus asa kemudian bunuh diri. Sampai separuh buku pembaca pasti sudah bisa menebak arah cerita. Kisah-kisah seputar arwah lain yang disucikan diulas *halah* dalam chapter singkat dan tidak begitu ditekankan. Justru cerita berpusat antara Rose dan Undertaker; tentang siapa sebenarnya Undertaker, hubungan Rose dengan Undertaker, dan bagaimana reaksi teman-teman malaikat Rose. Satu yang saya suka, tidak ada romance yang berkembang antara Rose dan Undertaker. *kalo sampe iya, cerita bakal lebih klise lagi. Jangan sampe lah!*

Beda lagi kalo soal artworknya. Di sinilah letak kekuatan manga ini. Sebelumnya, saya pernah baca oneshot karangan Mitsukazu-sensei yang berjudul Kyuuketsuki to Boku (The Vampire and I), dan saya acungkan jempol untuk art-nya yang gothic abiz! Belakangan, baru saya tahu memang sensei satu ini ratunya gothic lolita. Memang, dibandingkan Kyuuketsuki to Boku, saya merasa di R.I.P. desain karakternya masih belum mantap gothic lolita-nya. Tapi style artwork-nya secara keseluruhan sudah TOP gothic lolita abiz. Terakhir dan yang paling mantap, adalah sense of fashion Mitsukazu-sensei. Dari desain baju, gaya rambut, sepatu, semuanya menyatakan alasan kenapa sensei disebut “Queen of Gothic Lolita“. Bahkan rasanya manga ini jadi ajang fashion show, dengan para karakter sebagai modelnya. Pokoknya, temen-temen yang nyari ide fashion atau cosplay gothic lolita bisa comot ide dari sini. Saya sendiri paling suka dengan baju-bajunya Rose (untuk baju cewek. Kebanyakan berupa baju terusan dengan garis pinggang tinggi, tidak lupa hiasan renda-renda) dan Quiet Noise (untuk baju cowok. Paling suka topinya). Contoh artwork bisa diliat di sini, sini, sini, dan sini.

Downloadable: Mangatraders

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s