Review: Orkestra Aula Simfonia

20160423

Orkestraaa….

Dimulai dari iseng-iseng nonton orkestra One Winged Angel di YouTube, saya tiba-tiba penasaran di Jakarta kalau mau lihat orkestra resmi dimana sih?
Setelah browsing-browsing ga jelas di Google (banyak situs yang ga update pulak), cursor saya mendarat dengan selamat di terminal bandara aulasimfoniajakarta.com (thank you google flight tower….)

Paaas kebetulan lagi ada poster pertunjukan orkestra Mozart dan piano concerto Liszt oleh pianis Adam Gyorgy. Bukannya ngefans rambut lucunya Mozart atau lagu-lagu klasik sih, cuman karena penasaran saja makanya saya putuskan untuk membeli tiket @300rb (kelas ekonomi) bersama Ami dan Niken (walau yang terakhir ini ujung-ujungnya berhalangan hadir dan saya ditikam mata lasernya Ami hahaha….)

Gedung Aula Simfonia sendiri lumayan mewah lho, dirancang dengan standar internasional sehingga suaranya tidak memantul atau menggaung, persis seperti yang kita dengar di CD-CD musik. Pemain orkesnya campuran asing dan lokal, walau konduktornya Dr. Stephen Tong masih orang lokal. Penonton yang datang lumayan banyak juga, orang asing maupun lokal. Ada om-om bule, tante-tante bule, anak kecil blonde, sampai cewe bule yang amat cantik dengan hidung mancungnya (…. sigh… apalah artinya saya… hanya butiran debu).

Untuk kursi kami kebetulan ambil row H di tribun bawah, kayanya enakan tribun atas sih, cuman lebih mahal aja, sekitar 500rb-1.5jt gitu. Tapi gapapa lha, yang bawah juga oke kok.

1405d1b9-3a13-4041-8189-e6744b40df5d

Selama acara, lumayan strict juga tata kramanya, yang telat datang ga boleh langsung masuk ruangan sampai pergantian (break) musik berikutnya, kalau ngobrol juga kudu bisik-bisik karena suaramu bakal kedengaran bahkan sampe ujung deret kursi. Jaga manner lha intinya, padahal sempat ada lagu yang bikin saya pengen dansa lalala lompat ballet dan mematahkan beberapa tulang kaki.

Lagu klasik, bukan yang ngebeat macamnya rock atau pop atau nada-nada yang ear candy begitu (saya uda jaga-jaga juga supaya tidak sampai ketiduran bila bosan), tapi klasik adalah tipe musik yang kita kudu konsen (karena ingat harga tiketnya) dengarin nada-nada instrumennya satu-satu dan tahu-tahu detak jantung kita dah ngikutin irama, terbawa alunan (sedikit lebay karena saya agak buta nada juga).

Si mas bule Adam Gyorgy sendiri aslinya adalah seorang pianis yang sudah menerima banyak penghargaan dan jenius dalam menginterpretasikan karya Liszt (katanya booklet, karena aslinya saya kurang bisa membedakan antara yang jenius dengan yang tidak, hahahaha…. #amatir). Tapi doi enjoy banget main pianonya, dengan senyum jenaka dan gerak-gerak tubuh yang enerjik.

Akhir sesi permainan, penonton pada tepuk tangan, standing applause (terus ada mbak-mbak melintas di depan saya, sambil bawa buket bunga… “Mbaa… mbaa… saya disini mbaa…”), dan kita dikasih hadiah ama mas Gyorgy satu permainan tambahan dari… entah dari siapa, Liszt? Chopin? Hahaha….

Akhir pertunjukan ada sesi bisa beli CD dan atau minta tanda tangan ke sang pianis juga. Sayangnya antri… jadi kita langsung pulang sih.

Unfortunately buat kita, orkestra kali ini bukan yang ada paduan suaranya. Kalau yang pakai choir namanya philharmonic (nih aku asal ngomong lho ya…), dan pas tanggal 30 April nanti juga ada pertunjukan di gedung yang sama bersama kolaborasi China Philharmonic Orkestra (berarti ada paduan suaranya nih), terus rumornya ada mas-mas brondong ganteng Iskandar Widjaja juga ikut main biola hohoho… fotonya nih: (Indo-Jerman lhoo….)

320930_250332855011966_233075790071006_816440_510378002_n

Too bad, pas cek ke situsnya aula simfonia belum ada informasi pemesanan tiket buat konser yang itu tuh, mungkin kudu kontak langsung ke email box officenya aula simfonia kali yach….

Happy ngek-ngok….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s