Review: Dear, Only You Don’t Know

157350b6c8c8932b8cad3dd0a8ecd7bbda6070cd_hq

Judul: Dear, Only You Don’t Know (Manhwa)
Author: Yuria
Tahun: 2012 (Webtoon)
Status: Ongoing

Setiap wanita pasti pernah menyembunyikan satu atau dua hal dari lelaki. Namun, bagaimana jika rahasia itu harus disembunyikan seumur hidup? Manhwa yang berjudul Dear, Only You Don’t Know ini mengisahkan enam orang wanita yang memiliki satu buah rahasia besar yang mereka sembunyikan rapat-rapat dari lelaki yang dicintainya.

Kisah ini dibuka oleh sebuah prolog: “Men in love, bluff. Women in love, hold secret”. Dan begitulah, keenam wanita diatas menyembunyikan rahasia yang mereka lebih rela mati daripada diketahui kekasihnya.

Wanita, sembunyikan identitasmu

Jinhee, seorang ibu rumah tangga yang baru saja menikah dengan pria Korea keturunan Inggris. Sekilas, tampaknya dia adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang lemah lembut. Namun, ternyata dia sebenarnya adalah bos gangster Naga Kuning yang paling disegani di Korea. (haha ^^;;) Jinhee menolak pria yang dijodohkan ayahnya dengannya dan menikah dengan “pria biasa” yang tidak ada sangkut pautnya dengan dunia gangster.

Wanita, sembunyikan perasaanmu

Do Ari, wanita bertubuh mungil ini menyembunyikan perasaannya kepada rekan kerjanya, Seo Jin. Ari bekerja paruh waktu sebagai manajer di pet hotel milik Jin Hee. Seo Jin adalah lelaki yang agak lemot. tetapi dia bisa bicara dan memahami perasaan hewan. Seo Jin bertubuh tinggi dan tampan. Namun, dia lebih muda dari Ari. Selain itu, Ari sendiri termauk tipe orang yang memegang teguh moralitas, dan dia percaya bahwa memiliki perasaan cinta dengan rekan kerja adalah suatu pelanggaran. Oleh karena itulah, dia merahasiakan perasaannya dari Seo Jin.

Wanita, sembunyikan wajah aslimu

Nayeong. Terlahir dengan wajah yang tidak begitu cantik tidak membuatnya putus asa. Dia belajar seni bermake-up dan juga rajin olahraga demi menjaga bentuk tubuhnya. Alhasil, dirinya dapat tampil modis dan cantik. Namun, apadaya jika lelaki yang dicintainya kini menjadi artis terkenal. Tentunya akan menjadi skandal jika artis tampan itu terlihat dengan wanita berwajah jelek. Dan yang lebih dikuatirkan Nayeong, jika lelaki itu tidak mau melihat Nayeong lagi setelah mengetahui wajah aslinya. Oleh karenanya, Nayeong menolak ketika lelaki itu menyatakan cintanya ke Nayeong dan menjaga agar hubungan mereka tidak lebih dari sekedar manajer dan artisnya.

Wanita, sembunyikan masa lalumu

Mi Mi, atau yang lebih sering dipanggil dengan sebutan Madame Mi, adalah seorang wanita berwajah sendu dengan rambut hitam panjang yang selalu digerai. Dia adalah manajer dari sebuah bar milik Jinhee. Hobinya yang selalu memakai gaun ditambah dengan wajahnya yang khas wanita asia klasik membuat para pria pengunjung bar itu tertarik padanya. Hal inilah yang sempat membuat Seong Sihan, seorang pemuda yang anti dunia malam, berpikiran negatif tentang Madame Mi.

Wanita, sembunyikan umurmu

Su Jin, sebenarnya adalah adik Mi Mi. Mereka kehilangan orang tuanya sedari Su Jin kecil dan saat ini gadis SMU hanya hidup berdua dengan Mi Mi. Su Jin jatuh cinta pada Ian Pi, lelaki yang ternyata adalah pengacara pribadi keluarga besar Jinhee, karena Ian telah menolongnya dari perampok yang mencoba memalaknya di dekat bar Mi Mi. FYI, karena Ian adalah pengacara Jinhee dan bar tempat Mi Mi bekerja adalah milik Jinhee, sudah tentu Mi Mi kenal dengan Ian. Namun Su Jin tidak tahu itu. Ian adalah seorang duda berusia 30 tahun dengan satu anak, Ruri. Karena tertarik dengan Ian, Su Jin mengaku bahwa usianya adalah 24 tahun.

Wanita, sembunyikan hobimu

Shin Chaerim, gadis SMU yang adalah teman Su Jin ini sebenarnya adalah seorang otaku tulen. Selain itu Shin Chaerim ini juga seorang hopeless romantic yang mengidamkan sosok pangeran berkuda putih. Chaerim tertarik pada Wangja, cowok dari SMU sebelah yang memang dikenal baik hati dan tampan. FYI, Wangja dalam bahasa korea artinya “pangeran”. Karena tidak ingin imagenya sebagai cewek baik-baik dari SMU khusus wanita yang cerdas, Chaerim tidak ingin hobinya sebagai otaku diketahui Wangja. Namun, seiring cerita berjalan, Chaerim juga menjadi dekat dengan sahabat Wangja yang bernama Sangyeon. Namun, Sangyeon ini memiliki sifat yang berbeda 180 derajat dari sang Pangeran.

Demikianlah pengantar singkat tentang manhwa ini. Saya sengaja tidak memberikan ilustrasi karakter masing-masing tokoh. Mungkin kalian sudah bisa menebak dari gambar diatas, mana karakter yang merepresentasikan masing-masing tokoh ini. Saat ini di webtoon Indonesia, manhwa ini sudah sampai chapter 53. Dan sedikit demi sedikit rahasia mereka terbongkar. Bagaimana keenam wanita ini mengatasinya? Dan apakah akhirnya mereka dapat bersatu dengan lelaki idamannya? Ikuti saja terus kisahnya di webtoon. #ngiklan #hahaha. (^.^)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s