!Crap: Banyak Jalan menuju Broadway (3)

broadway4.jpg

Wihiiiy, akhirnya sampai ke postingan ketiga tentang lika-liku cari tiket pertunjukan Broadway! Postingan kali ini hanya akan berisi beberapa tips dan trivia soal mencari tiket dan menonton pertunjukan Broadway. Jadiiii, merangkum postingan pertama dan kedua, pada dasarnya saran saya untuk cari tiket pertunjukan Broadway dengan harga (sedikit) miring adalah:

  1. Pilih pertunjukan yang gak terlalu terkenal tapi review-nya bagus atau minimal decent lah. Kecuali memang udah niat mau nonton satu pertunjukan tertentu, pada dasarnya pertunjukan di Broadway pastinya menghibur dan diproduksi dengan maksimal (terlepas dari jalan ceritanya mau kayak apa). Untuk judul-judul yang tidak terlalu nge-hype, biasanya harga tiket masih oke lah.
  2. Kalo emang ngebet banget pengen nonton pertunjukan yang lagi high demand, carilah National Tour-nya. Siapa tau lagi manggung di kota tempat tinggal dan tanggalnya pas. Kalaupun di kota lain, lumayan bisa hemat travel expenses daripada pergi ke New York City.
  3. Pilih seat yang biasa-biasa aja. Common sense sih ini. Gak best view juga gapapa kan? Favorit saya di mezzanine/atas, kalo bisa yang deret depan/tengah bagian tengah pas panggung. *eh itu mah best view juga yak* *ngelamak* Saya memang belum pernah nonton di deret paling belakang, tapi deret yang tengah-tengah agak belakang itu oke juga kok view-nya.
  4. Kalau mau beli dari third party website, sebaiknya bandingin dulu harganya di situs resmi pertunjukan. Kalaupun harga normal, siapa tau ternyata ditambahin “bonus” tetek-bengek sana-sini yang sebenernya gak butuh-butuh amat. Kalaupun harga diskon, juga tetap cek dulu apakah memang worth it.
  5. Gak terlalu ngaruh sih, tapi coba cari pertunjukan matinee (siang hari). Sebenernya harganya sama-sama aja kayaknya, cuma paling nggak pulangnya gak begitu malem hihihihihi.

Kalau sudah siap mental dengan tiket, ada sedikit trivia ketika akan dan sedang menonton pertunjukan. Sebenarnya ini berlaku umum di teater sih, cuma ya lumayan lah nambahin isi postingan.

Trivia

  • Datang tepat waktu. Artinya, gak usah terlalu rajin tapi juga jangan ngepas sampai terancam telat! Karena biasanya tiket online ditukarkan di booth tiket, datang 30-20 menit menjelang waktu pertunjukan cukup lah. Tidak usah panik melihat antrian yang mengular di depan pintu masuk. Kalau tiket udah di tangan, kursinya juga nggak bakal lari ke mana-mana kok.
  • Jangan telat! Buat orang endonesyah, mungkin sudah biasa ya masuk bioskop telat-telat barang 5-10 menit. Tapi dari pengalaman saya selama nonton teater di Amerika (gak cuma di Broadway), kalo pintu udah ditutup ya sudah gak bisa masuk sampe intermission (atau sampai diperbolehkan masuk). Mungkin hanya ketika nonton teater di Indonesia saja saya pernah lihat orang terlambat masih diperbolehkan masuk. Bukannya apa-apa sih, sebenarnya itu common sense aja soalnya kalo ada orang telat dan masuk, kericuhan untuk cari seat (“permisi mas, mbak…maaf kakinya….) itu bakalan cukup menganggu orang menikmati jalannya pertunjukan.
  • No bathroom break until intermission. Seperti halnya kalau telat gak bisa masuk, sekalinya di dalem juga gak bisa keluar.
  • Tidak boleh makan dan/atau minum selama pertunjukan, simply karena ini bukan bioskop.
  • Jika kamu terpana dengan penampilan para aktor, gak ada salahnya ngasih standing ovation setelah pertunjukan selesai. By “akhir” itu, maksudnya akhir banget. Biasanya ada “sesi tepuk tangan” di akhir yang memang disediakan untuk itu. Sesi tepuk tangan ini yang paling saya suka, karena di sesi ini beneran gak bisa bohong kalo ada aktor yang berhasil mencuri hati penonton, sekalipun bukan pemeran utama. Agak curcol sedikit, pas nonton Annie di Jakarta saya malah disuruh kembali duduk waktu sesi tepuk tangan. Lain ladang lain belalang, rupanya. 😦

Dengan trivia di atas, saya akhiri seri tulisan tentang lika-liku menonton pertunjukan Broadway ini. Sejujurnya, pengalaman saya nonton Broadway sebetulnya juga masih terbatas. Saya sendiri baru 2 kali nonton di Broadway (plus sekali yang National Tour). Karena itu, jika ada yang mau meralat/menambahkan informasi yang saya share di postingan ini dan sebelum-sebelumnya, silakan banget, lho~

Satu pemikiran pada “!Crap: Banyak Jalan menuju Broadway (3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s