!Crap: Banyak Jalan menuju Broadway (1)

broadway

Sebagai penikmat teater dan musik namun berjiwa murahan, Broadway tentunya masuk ke bucket list saya saat jalan-jalan studi di Amerika kemarin. Eh tapi tapi tapi….tiket pertunjukan Broadway kan terkenal gak murah juga? Tapi kan daripada nanggung udah jauh-jauh ke Amerika tapi gak sempat mencicipi Broadway, it’s now or never, right?

Oke, jika niat sudah ditetapkan, mari berburu tiket! Tapi belinya di mana, ya? Lalu pilih pertunjukan yang mana nih? Apa pula itu Off-Broadway? Nah, di sini saya mau sharing pengalaman saya terkait jual-beli tiket pertunjukan Broadway. Ternyata kalau jeli, bisa dapet tiket dengan harga yang nggak terlalu mahal. Tentu saja prinsip “ono rupo ono rego” masih berlaku, tetapi tetap enjoyable kok!

Tempat Pembelian Tiket

Salah satu pertanyaan pertama saya saat akan membeli tiket pertunjukan Broadway adalah: beli di mana? Di internet, ada berbagai macam situs yang menawarkan tiket pertunjukan Broadway, tapi di sini perlu diketahui ada dua macam situs. Yang pertama adalah situs resmi dari tiap-tiap pertunjukan, sedangkan yang kedua adalah third party website yang menyediakan data dari semua pertunjukan lengkap beserta harga-harganya. Alternatif lain adalah membeli di TKTS.

Kelebihan dari third party website adalah kita dapat melihat pertunjukan apa yang sedang running dan membandingkan harga antar pertunjukan. Bahkan kadang-kadang ada diskon! Cumaaaaa, kita memang harus teliti. Satu, kita harus teliti situs mana yang beneran (contoh: broadway.com, playbill.com) dan mana yang scam. Intinya, selalu teliti sebelum membeli! Dua, kita perlu teliti apakah harga yang ditawarkan itu adalah harga bersih atau termasuk tetek-bengek lainnya, misalnya voucher parkir atau kupon restoran. Bukan apa-apa, karena itu bisa membuat harga tiket membengkak. Contoh, saya pernah beli tiket di third party website, begitu ambil tiket, ternyata harga tiket yang saya bayar sudah termasuk tambahan sekitar $10-$20 untuk voucher parkir dan diskon makanan, yang tidak terpakai karena saya hanyalah seorang hamba sahaya yang tidak punya mobil dan restorannya pun di luar budget saya saat itu. Agak kesel juga sih.

Kalau mau aman dan jelas, lebih baik ke situs resmi pertunjukannya. Kelebihan membeli dari website resmi adalah, harga yang dipajang sudah bersih. Ya bener-bener cuma harga kursinya, tanpa tetek-bengek lainnya. Kekurangannya, biasanya tidak ada diskon. *hiks* Kekurangan lainnya kerepotan saat membandingkan harga dengan pertunjukan lainnya, karena harus browsing ke banyak website dan akhirnya jadi pusing sendiri.

Bagaimana dengan TKTS? Alkisah, TKTS adalah sebuah booth penjualan tiket yang terletak di Times Square. Yep, tepat di tengah-tengah. TKTS menyediakan tiket diskonan last-minute dari berbagai – kalau tidak semua – pertunjukan di Broadway (dengar-dengar diskonnya bisa sampai 50%). Kekurangannya, kita harus menyediakan waktu untuk antri dan harus ngepasin waktu dengan jam-jam pertunjukan. Selain itu, kita juga diharapkan pasrah saja atas ketersediaan tiket. Jadi ketika tiba giliran kita, apapun adanya tiket, ya sudah take it or leave it. Selain itu – logika aja ya – kans untuk mendapatkan tiket pertunjukan yang banyak diburu macam Lion King atau The Book of Mormon pada dasarnya tipis. Jujur, saya belum pernah mencoba beli di TKTS, karena biasanya saya sudah punya itinerary dalam sehari dan karena saya sudah punya tujuan mau nonton apa.

Jadi itulah beberapa alternatif membeli tiket pertunjukan Broadway. Bergantung dari sikon, silakan dipilih jalur yang cocok. Biasanya sih, saya membandingkan harga antar pertunjukan di third party website, kemudian membeli tiketnya di situs resmi pertunjukan. Bagi yang punya waktu senggang dan suka petualangan, mungkin bisa coba ngantri di TKTS. Lumayan, siapa tahu bisa dapat murah sekaligus dapat tiket pertunjukan “langka”. TKTS juga bisa jadi pilihan tepat bagi yang “pokoknya gue pengen nonton pengen nonton Broadway murah gak peduli show-nya apaan!” 

Hmmm puas ngomongin tempat pembelian tiket, kayaknya dari tadi saya belum membahas berapa sih kisaran harga tiket pertunjukan Broadway? Stay tuned, karena akan saya bahas di postingan berikutnya!

2 pemikiran pada “!Crap: Banyak Jalan menuju Broadway (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s