!Crap: Banyak Jalan menuju Broadway (2)

 

broadway3.jpg

Seperti yang saya janjikan di postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang harga tiket pertunjukan Broadway. Sekilas, range harga tiket di Broadway cukup luas, mulai dari USD$70 sampai dengan di atas USD$200 pun ada. Membahas harga, mau tidak mau saya harus nyerempet ke istilah Broadway, Off-Broadway, dan Off-Off-Broadway. Istilah-istilah ini dulunya merujuk ke lokasi gedung teaternya, dengan jalan Broadway sebagai patokan (makin jauh makin off lah gitu). Saat ini, istilah-istilah ini dipakai murni untuk merujuk pada kapasitas gedung teater.

Broadway

Sebuah teater dikatakan “Teater Broadway” jika punya kapasitas 500 tempat duduk atau lebih. Di teater-teater inilah kita bisa menemukan judul-judul yang sudah akrab di telinga. Kalau ngomongin harga tiket, seperti yang sudah saya bilang di atas, harganya bisa beragam, tergantung dari seberapa ngetop pertunjukannya. Kalau versi orang awam pecinta musikal amatiran macam saya, begini kira-kira pembagiannya:

  • Apa Judulnya Tadi?: Ini adalah kategori yang saya cari ketika saya pengen sedikit bertualang nonton Broadway dengan harga miring. Bisa banget lho dapet tiket di bawah USD$100 (kisaran USD$70an-USD$90an) seperti waktu nonton Something Rotten! dulu. Kinky Boots juga masuk kategori ini. *nyesel gak sempet nonton* In my personal opinion, biasanya musikal kategori ini gak terlalu lama runningnya (masih kisaran tahunan, tapi gak sampe 10 tahun biasanya).
  • Oh Iya Pernah Denger Judulnya!: Buat saya, ini adalah tipe-tipe pertunjukan yang udah dibuat versi filmnya, jadi orang-orang cukup familiar dengan judulnya. Catat saja judul macam Mamma Mia!WickedBeauty and The Bast, dan Chicago. Kisaran harga tiketnya sekitar USD$50-USD$200. Musikal di kategori ini biasanya running cukup lama (mulai dari 6 tahun sampai belasan tahun), tapi beberapa sudah mulai tutup (termasuk Rock of Ages dan Mamma Mia!)
  • Ngetop Banget: sepengalaman saya, Lion King dan Phantom of The Opera masuk kategori ini. Biasanya musikal-musikal ini adalah yang legend-nya, dan sudah berjalan belasan sampai puluhan tahun (FYI, saat ini Phantom memegang rekor the longest running show sejak premiere tahun 1988). Meski sudah bertahun-tahun berjalan, rata-rata harga tiket pertunjukan di atas masih di kisaran USD$150-USD$200 ke atas.
  • Saking Ngetopnya Sampe Gak Kebagian Karcis: kategori ini khusus saya buat untuk Hamilton. Ya gimana nggak, di tahun 2016 aja tiket sampai 2017 sudah SOLD OUT sampai ke tiket termahalnya sekalipun! Iseng-iseng ngecek barusan, kalau untuk tahun 2018 sepertinya sudah lebih lowong, tapi pasrah saja kalau mau merogoh kocek USD$829.

Sebenarnya ada sih jalan lain menonton pertunjukan-pertunjukan ini dengan harga miring, yaitu dengan nonton National Tour-nya. Jadi, biasanya sebuah pertunjukan yang punya lebih dari 1 set pemain. Misalnya, 1 set pertama manggung di Broadway, ada 1 set lainnya yang manggung keliling Amerika. Harga tiket National Tour biasanya jauh lebih murah, yang sudah saya buktikan ketika nonton The Book of Mormon. Nonton National Tour juga bisa menghemat banyak di bagian travel expenses, terutama jika pas banget mereka manggung di kota tempat tinggalmu atau deket-deket tempat tinggalmu. Jadwal National Tour untuk masing-masing pertunjukan bisa dicek di situs resmi pertunjukan. Sayangnya, beberapa pertunjukan yang masih baru biasanya belum punya jadwal National Tour.

Perlu diingat juga bahwa rata-rata harga tiket pertunjukan di Broadway biasanya semakin turun setiap tahunnya, sejalan dengan tingkat popularitasnya (kecuali untuk musikal kelas legend yang popularitasnya hampir abadi *halah*). Jadi, menunggu pun bisa jadi alternatif untuk mendapatkan harga tiket yang sedikit lebih murah. Meski begitu, kalau spare time-nya cuma 2 tahun selama sekolah sih kayaknya nggak jauh-jauh amat bedanya, jadi saya menyarankan cari tiket National Tour saja.

Off-Broadway

Untuk teater dengan 100-499 tempat duduk, sebutannya adalah Off-Broadway. Kalau masalah gengsi. Saya belum pernah nonton pertunjukan Off Broadway, tapi kalau baca-baca, sepertinya kualitasnya pun bisa nggak kalah dari Broadway. Tapi ya, umumnya memang modal yang dikeluarkan untuk pertunjukan Off-Broadway juga tidak sebesar Broadway. Harga tiketnya rata-rata USD$45 dan banyak tiket dibawah USD$100. Tapi memang kebanyakan judul pertunjukannya tidak terlalu akrab di telinga, dan di sini lebih banyak ke pertunjukan teater (drama) daripada musikal.

Off-Off-Broadway

Bayangkan Off-Broadway, tapi lebih kecil lagi dan rata-rata harganya pun lebih murah lagi. Tidak heran sih, karena New York City memang sarangnya teater. Jangan heran sepanjang jalan di Manhattan Anda bakal nemu banyak sekali poster-poster drama dan musikal bertebaran. Nope, sayangnya saya juga belum pernah nonton di sini, jadi gak ada info tambahan. 😦

Jujur sih, saya juga gak tau seberapa jauh beda kualitas produksi di antara ketiga jenis teater ini. Bagi para turis termasuk saya, bisa jadi ini semacem ajang gengsi juga sih demi untuk berkata “Saya sudah nonton Broadway”, hihihi. Tapi mungkin kalau sempat dan memang curious, teater Off-Broadway dan Off-Off-Broadway mungkin bisa jadi tambahan pengalaman. Karena dunia teater (Amerika) tidak melulu Broadway!

Sedikit teaser, di postingan selanjutnya bakal ada rangkuman tips (yang basically nonexistent) dan beberapa trivia tentang nonton pertunjukan Broadway.

2 pemikiran pada “!Crap: Banyak Jalan menuju Broadway (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s